Digital Labs & Ceramah Umum 2020

Assalamualaikum. wr. wb.

Halooo semuanyaa!

Namaa Saya Addia Lubna Humairaa Mulyawan biasa dipanggil Addia dari kelas 8F absen 01. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cerita saya saat saya mengikuti kegiatan DigiLabs (Digital Labs) dan juga Ceramah Umum.

Pada hari Selasa, 29 September 2020 kemarin, SMP Labschool Jakarta melaksanakan kegiatan yang bernama Ceramah Umum dan Digital Labs. Ceramah Umum dan Digital Labs ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh POMG SMP Labschool Jakarta, kegiatan ini diikuti oleh seluruh murid SMP Labschool Jakarta mulai dari kelas 7, 8, dan juga kelas 9. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setahun sekali di sekolah. Namun, karena kondisi pandemi ini yang tidak memungkinkan kita melaksanakan acara di sekolah, akhirnya kedua acara ini pun dilaksanakan via aplikasi Zoom Meeting. 

Walaupun hanya melalui aplikasi Zoom Meeting, Acara ini tetap diikuti dengan baik oleh para murid-murid SMP Labschool Jakarta. Pada kegiatan Ceramah Umum angkatan 28, materi dibawakan oleh Kak Firman Ramdhani. Kak Firman menyampaikan materi tentang pengaruh media sosial bagi remaja. Banyak sekali hal penting yang disampaikan oleh Kak Firman tentang apa itu media sosial, pengaruh buruk apabila kita menggunakan media sosial berlebihan, dan masih banyak lagi. Materi yang disampaikan oleh Kak Firman ini sangat bermanfaat, mudah untuk dicerna, dan pastinya tidak membuat kita bosan untuk mendengarkannya. 

Selanjutnya yaitu kegiatan Digital Labs, Digital Labs tahun 2020 ini mengangkat tema yaitu "Teen & Tech: Navigating Digital Landscape". Materi pada kegiatan Digital Labs angkatan 28 ini dibawakan oleh 2 pembicara / narasumber. Pembicara yang pertama yaitu Ibu Ninin Musa. Di acara kali ini, Bu Ninin Musa menceritakan pengalamannya menjadi seorang Produser Film. Banyak sekali pengalaman-pengalaman menarik yang Bu Ninin ceritakan kepada kami,  mulai dari menjelaskan proses pembuatan film, mencari direktor film yang bagus, aktor yang cocok, hingga cara mengedit sebuah film dengan menggunakan green screen sehingga terlihat nyata, dan masih banyak lagi. Bu Ninin Musa juga berkata bahwa Ia sedang tertarik untuk membawakan film horror, salah satu film horror karya Bu Ninin ini adalah The Sacred Riana. 

Lalu Pembicara kedua acara Digital Labs yaitu Pak Deswara Aulia. Pak Deswara ini dulunya bekerja sebagai animator online dan pekerjaannya sekarang adalah sebagai praktisi online media dan marketing. Pak Deswara sering terlibat dalam proyek-proyek internasional, salah satunya adalah 'Tripping the Rift'. Beliau juga membuka sesi pertanyaan dan dia menjawab sebuah pertanyaan yang mempunyai kaitannya dengan CGI. Selain itu, Pak Deswara memberikan materi tentang Seni dan juga Media Sosial.

Menurut saya, materi-materi yang disampaikan oleh ketiga pembicara pada acara Ceramah Umum dan Digital Labs ini sangatlah bermanfaat untuk kita terutama para remaja di masa depan. Dalam kegiatan kali ini kita bisa belajar apa saja sih dampak positif dan negatif dari menggunakan media sosial serta cara penggunaannya yang baik. Selain itu kita juga bisa belajar banyak tentang dunia perfilman apalagi bagi kalian yang tertarik di dunia perfilman, materi yang disampaikan Ibu Ninin Musa dan Pak Deswara kemarin juga membahas banyak hal tentang perfilman dan bagaimana cara membuat film apalagi pada masa pandemi ini. 

Sekian yang dapat saya sampaikan, Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 3 INFTK "Peranan TIK dalam kehidupan manusia"

Kolaborasi Masyarakat Digital

Rangkuman Bab 4 INFTK