Pengalaman Liburan Akhir Tahun 2020 ditengah Pandemi Covid-19

Halo semuaa! Namaa aku Addia Lubna Humairaa Mulyawan biasa dipanggil Addia, aku dari kelas 8F absen 01.

Pada Hari Sabtu, 19 Desember 2020, aku dan keluarga memutuskan untuk pergi berlibur keluar kota. Aku dan keluargaku pergi ke beberapa kota di Jawa yaitu kota Semarang, Surabaya, dan Pasuruan namun kita berlibur tetap dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah (3M). Pertama, kami berempat (aku, adikku, mamaku, dan ayahku) pergi ke kota Semarang mengendarai mobil pribadi. Perjalanan kami ke Semarang menempuh waktu kurang lebih hanya 6 jam. Kami berangkat pukul 6 pagi dari Jakarta, lalu sampai di Semarang saat dzuhur atau sekitar pukul 12/1 siang. Di Semarang, kami menginap di suatu Hotel bernama Hotel Tentrem dikarenakan rumah eyang saya di Semarang tidak bisa ditempati karena sedang direnovasi. Hotel Tentrem ini terletak di sebelah mall tentrem semarang dekat dengan simpang lima. Fasilitas yang tersedia di Hotel Tentrem sangatlah aman, nyaman, dan pastinya bersih :)

Saat itu, kami di Semarang hanya sampai keesokan harinya yaitu sampai tanggal 20 Desember, lalu pada hari itu juga, kami memutuskan untuk pergi ke suatu kota di Jawa Timur yaitu kami akan ke Prigen, Pasuruan. Di Prigen, aku dan keluargaku menginap di Hotel Baobab Safari Resort yang terletak di Taman Safari Prigen. Di Hotel Baobab tersebut menyediakan pemandangan yang luar biasa indah! Dari kamar hotel yang kami tempati, kami dapat melihat beberapa hewan di halaman hotel baobab lalu kita juga dapat memberi makan hewan seperti jerapah. Keesokan harinya pada hari Senin, tanggal 21 Desember 2020, kami berkesempatan untuk memberi makan hewan jerapah di halaman Hotel Baobab tersebut. Lalu setelah itu, kami  langsung menuju restorannya untuk sarapan pagi. Makanan yang tersedia saat sarapan disana sangat lezat lhoo!

Setelah selesai sarapan, kami memutuskan untuk membeli tiket memberi makan hewan karnivora di Taman Safari Prigen. Kami dijemput oleh seorang staff / zoo keeper yang memandu kami memberi makan hewan karnivora menggunakan sebuah kendaraan jaring-jaring yang disediakan oleh Taman Safari Prigen untuk memberi makan daging kepada hewan karnivora. Hewan yang kami beri makan daging saat itu adalah beruang coklat dan juga singa. Sedikit info, harga tiket masuk untuk memberi makan hewan karnivora di Taman Safari Prigen ini adalah Rp. 150.000 per orang, namun harga untuk memberi makan hewan karnivora di setiap taman safari berbeda-beda yaa! Walaupun lumayan meyeramkan untuk memberi makan hewan karnivora secara dekat seperti ini, tapi pengalaman memberi makan hewan karnivora yang kami dapatkan di Taman Safari Prigen kemarin sangatlah seru dan menyenangkan :) Sungguh pengalaman yang tidak dapat dilupakan! 😆

Setelah selesai memberi makan hewan karnivora di Taman Safari Prigen, kami langsung check out dari hotel baobab tersebut karena siangnya kami harus lanjut pergi ke kota pahlwan alias kota Surabaya!! Tanggal 21 Desember 2020, pada pukul 2, aku dan keluargaku sudah sampai di kota Surabaya. Namun, karena dari Jakarta kami belum membawa surat hasil test rapid antigen, maka dari itu, kami berempat memutuskan untuk tes rapid antigen di suatu klinik di Surabaya. Hasil dari test rapid antigen keluar lumayan cepat sekitar 20 menitan. Namun, aku dan keluargaku tidak ingin menunggu sekitar 20 menitan berada di klinik tersebut, jadi kami memutuskan untuk meninggalkan klinik tersebut dan hasil rapid antigen akan dikabari melalui chat^^. Setelah mejalani rapid antigen, aku dan keluarga menyempatkan untuk makan siang rawon lezat di sebuah restoran. Selesai makan, aku dan keluargaku langsung menuju ke hotel tempat kami menginap yaitu di Hotel Sheraton yang terletak di sebelah Mall Tunjungan Plaza Surabaya. Kami baru sampai di hotel pada pukul 17.00. Setelah check in, aku dan keluargaku menyempatkan untuk makan malam di mall tunjungan plaza. Selesai makan di mall Tunjungan Plaza, kami kembali ke hotel dan mendapatkan chat bahwa hasil rapid antigen kami sekeluarga  dinyatakan negatif, yeay alhamdulillah!! :)

Keesokan harinya pada hari Selasa tanggal 22 Desember 2020, pagi harinya karena kami melihat kolam renang di hotel tersebut sepi, jadi aku dan adikku menyempatkan untuk berenang di kolam renang yang tersedia di hotelnya sebelum sarapan pagi. Setelah selesai berenang, kami bergegas untuk balik ke kamar dan bersiap diri untuk pergi sarapan. Selesai sarapan, kami pergi berkeliling kota Surabaya.. Pertama, kami mengunjungi museum kapal selam, lalu kami mengunjungi tugu pahlawan di Surabaya dan melewati hotel majapahit, tempat dimana terjadi perobekan bendera belanda pada tahun 1945.. Setelah itu, kami juga menyempatkan pergi menyebrang ke kota Madura. Kami melewati jembatan Suramadu (Surabaya - Madura) untuk sampai di kota madura. Di kota Madura, kami hanya mengunjungi sebuah resto bebek yang sangat lezat yaitu Bebek Sinjay. Sesampainya disana, kami melihat Bebek Sinjay ini ramai pengunjung yang mengantri untuk memesan bebek sinjay. Setelah kami memesan makanan, kami langsung mencuci tangan dan memakai antis terlebih dahulu sebelum makan. Selesai makan, aku dan keluargaku langsung balik ke Surabaya karena hari sudah menjelang sore. Saat jalan pulang, kami juga kembali melewati jembatan Suramadu untuk sampai di kota Surabaya. Sesampainya di Hotel, kami menyempatkan untuk beristirahat sebentar lalu kami kembali jalan-jalan ke mall Tunjungan Plaza lagi, hehe :)

Hari menjelang malam, kami langsung balik ke hotel untuk beristirahat. Malam itu, kami hanya stay di hotel karena kami ingin beristirahat total. Keesokan harinya pada hari Rabu, tanggal 23 Desember 2020, kami langsung menuju kebawah untuk sarapan. Setelah sarapan, kami langsung membereskan kamar hotel dan langsung check out. Setelah Check Out, kami langsung bergegas untuk kembali menuju ke kota Semarang..

Perjalanan ke kota Semarang hanya menempuh waktu 5 jam karena kita lewat tol. Hari itu, kami tidak lagi menginap di Hotel Tentrem lagi dikarenakan sudah penuh jadi kami memutuskan untuk nginep di Hotel PO sebelah Mall Paragon Semarang. Sesampainya di Semarang hari sudah malam, maka kami langsung bergegas menuju hotel dan istirahat. Keesokan harinya, pada hari Kamis, 24 Desember 2020, kami menghabiskan waktu untuk berkeliling kota Semarang. Kami sarapan nasi ayam, lalu pergi ke rumah eyang di Semarang yang sedang di renovasi, pergi balik ke hotel lalu meyempatkan pergi ke Mall Paragon di sebelah hotel yang kami tempati. Keesokan harinya, kami sekeluarga menyempatkan untuk jalan bersama keluarga teman kelasku yaitu Anya yang kebetulan juga sedang berlibur di Semarang juga. Kami pergi ke suatu restoran yang bernama Lakers Resto di BSB City, Semarang.

Besoknya, tanggal 26 Desember 2020, waktunya aku dan keluargaku pergi meninggalkan kota Semarang. Sebelum pulang, kami memutuskan untuk membeli beberapa oleh-oleh. Setelah meninggalkan kota Semarang, kami tidak langsung menuju Jakarta namun kami mampir ke Kota Cirebon untuk bermalam disana.

Sesampainya di Cirebon, kami makan di sebuah tempat yang terkenal makanannya yang lezat yaitu di Nasi Jamblang Ibu Nur. Selesai makan, kami langsung menuju hotel, di hotel yang kami tempati, tersedia sebuah jacuzzi di kamarnya lohh hihi asikk yaa! Jadi malamnya kami memutuskan untuk beristirahat, namun sebelum tidur, kami menyempatkan untuk merasakan sensasi Jacuzzi di malam hari. Selesai berendam, semua rasa lelah kita menjadi sudah hilang^^, saat nya kami tidurr. Keesokan harinya pada tanggal 27 Desember 2020, waktunya kami pulang ke Jakarta. Eits, namun sebelum pulang, seperti biasa kami membeli oleh-oleh terlebih dahulu di berbagai tempat. Nah selesai berbelanja oleh-oleh, kami langsung jalan pulang menuju Jakarta. Sesampainya di Jakarta sudah malam jadi kami langsung pulang ke rumah untuk beristirahat.

Aku dan keluargaku menikmati hari tahun baru di rumah saja karena sudah puas berkeliling mengunjungi beberapa tempat di Jawa. Daaannn, itulah akhir dari perjalanan liburan akhir tahun 2020 aku dan keluargaa.. Waahh panjang juga yaa HAHAHAHA, makaaasiih yaa yang sudah ingin membaca sampai akhir. Segitu dulu perjalanan liburankuu, sampai bertemu di blog selanjutnyaa, byeee!!