Tugas Essay Algoritma

🌟 Soal:

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma? 

2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap! 

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah    algoritmanya! 

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind. 

🌟 Jawaban:

1. Algoritma merupakan langkah yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah. Perancangan Algoritma adalah pembuatan algoritma dimulai dari ide-ide penyelesaian masalah hingga terciptanya Algoritma dalam berbagai bentuk standar.

2. -Cara Deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini terdiri dari tiga bagian, yaitu judul, deklarasi, dan deskripsi

-Bagian Alir atau Flowchart merupakan penulisan algoritma berdasarkan notasi grafis dalam bentuk bagan urutan.

3. Caranya yaitu memfungsikan alat yang disebut microcontroller

4. Variabel yaitu objek/tempat untuk menyimpan nilai-nilai. Variabel digunakan untuk menangkap, memanipulasi, menampilkan, menyimpan suatu nilai. Dalam program, nilai variabel tidak harus angka, bisa dengan teks/istilah

Tipe data yaitu jenis nilai yang akan disimpan. Ada tipe data numerik, teks/string, dan boolean.

5. Int namaa_Variabel

6. - Boolean : true/false

- Numerik : bilangan/angka

- String : teks

7. - Tipe Data Numerik yaitu untuk menyimpan data berupa bilangan/angka 

- Tipe Data Teks yaitu menyimpan data berupa teks.

8. START 

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'V'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'E'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'L'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'Y'

MOVE 'Posisi Awal'

WRITE 'A'

END

9. Untuk menyimpan nilai yang berupa true or false, biasa digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi. 

10. Forward ( 3 )

Left

Forward ( 8 )

Right


#Huruf A

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 3 INFTK "Peranan TIK dalam kehidupan manusia"

Kolaborasi Masyarakat Digital

Rangkuman Bab 4 INFTK